cover
Contact Name
Ismail Hanif Batubara
Contact Email
ismailhanif@umsu.ac.id
Phone
+6285370552283
Journal Mail Official
jmes@umsu.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/pages/view/Et
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
ISSN : -     EISSN : 27209385     DOI : 10.30596
Core Subject : Education,
Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan Matematika
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA" : 7 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA MATERI SPLDV PADA SISWA SMP AL–MAKSUM T.P 2020/2021 Muhammad Alvis Syahril Maulana; Surya Wisada Dachi
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v1i2.5193

Abstract

Siswa SMP AL – MAKSUM mengalami kesulitan terhadap penguasaan materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang memiliki konsep yang sulit dipelajari, sehingga membutuhkan analisis kesalahan dari hasil pekerjaan siswa untuk mengetahui kesalahan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan siswa yang melakukan kesalahan–kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur NEWMAN dan untuk mengetahui penyebab dari kesalahan tersebut. Prosedur NEWMAN  mengidentifikasi kategori kesalahan terhadap jawaban dari sebuah tes uraian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu deskripsi dari kesalahan–kesalahan dan penyebabnya yang dilakukan siswa kelas IX-5 SMP AL-MAKSUM sebagai menyelesaikan soal cerita terkait materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan keterampilan proses (E4) dengan persentase 56,19%, diikuti dengan kesalahan transformasi (E3) sebesar 49,52%, kesalahan memahami (E2) dengan persentase 40%, kesalahan penulisan jawaban (E5) dengan persentase 36,19% dan dengan kesalahan membaca (E1) sebagaimana kesalahan yang paling sedikit siswa lakukan dengan persentase 2,85%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tidak mengerti simbol matematika, kurang mampu menyelesaikan soal cerita, kurang paham materi SPLDV, tidak dapat menentukan rumus atau langkah yang digunakan, kurang teliti seperti salah dalam proses perhitungan serta salah dalam menuliskan informasi dan jawaban.
ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL MATEMATIKA KELAS VIII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI Novi Rikawati
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v2i2.7939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel pada buku teks matematika terbitan kemendikud revisi 2017 kelas VIII SMP semester 1 berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan yaitu pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel pada buku teks matematika Kelas VIII Semester 1 terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017. Soal latihan yang dianalisis sebanyak 40 pertanyaan dan soal uji kompetensi sebanyak 20 pertanyaan. Pada soal latihan memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 9 pertanyaan (22,5%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 26 pertanyaan (65%), dan menganalisis (C4) sebanyak 5 pertanyaan (12,5%), serta tidak ditemukan tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 2 pertanyaan (10%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 18 pertanyaan (90%), serta tidak ditemukan tingkat kognitif mengingat (C1), menganalisi (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel belum bervariasi atau belum proporsional.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET PADA POKOK BAHASAN PYTHAGORAS UNTUK SISWA SMP Nugraheni Sunu Sumunar Utami; Tua Halomoan Harahap
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v2i2.7979

Abstract

 Bahan ajar merupakan hal yang penting untuk digunakan bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, kurikulum, dan memiliki desain sesuai dapat menarik perhatian siswa untuk menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajarannya. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahan ajar Booklet pada pokok bahasan Pythagoras untuk siswa SMP. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (evaluasi), tetapi karena keterbatasan waktu maka penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap Pengembangan (Development). Hasil pada penelitian ini berupa bahan ajar Booklet pada pokok bahasan Pythagoras untuk siswa kelas VIII SMP. Bahan ajar yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria Sangat Baik atas dasar skor penilaian perangkat penilaian, validasi ahli materi,  dan validasi ahli media oleh 2 orang dosen ahli dan satu guru matematika berturut-turut  dengan skala 5. Dilakukan juga uji coba kelas kecil pada 10 orang siswa menunjukkan hasil sebesar  dengan kategori Sangat Baik.Kata kunci: Bahan Ajar Booklet, Pythagoras, ADDIE
PENGEMBANGAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS ICT BERBANTUAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 UNTUK SISWA MTs Meyly Andyny; Ellis Mardiana Panggabean
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v2i2.7982

Abstract

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) merupakan bahan ajar yang digunakan untuk memaksimalkan pemahaman siswa. LKPD memuat sekumpulan tugas mendasar siswa yang dilengkapi dengan materi, ringkasan, serta petunjuk pelaksanaan yang sesuai dengan indikator pencapaian. Penggunaan LKPD dapat meningkatkan efektivitas dan  efisiensi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD interaktif berbasis ICT berbantuan software Construct 2 untuk siswa MTs kelas VII pada materi hubungan antar sudut dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap LKPD interaktif berbasis ICT berbantuan software Construct 2 untuk siswa MTs kelas VII pada materi hubungan antar sudut. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D atau 4-P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Amaliyah Sunggal kelas VII dengan menggunakan skala kecil sebanyak 10 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan angket respon siswa. LKPD interaktif berbasis ICT berbantuan software Construct 2 pada materi hubungan antar sudut yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk siswa MTs kelas VII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana dari hasil penilaian ahli materi diperoleh nilai 88,2% dengan kategori sangat layak, dari ahli media diperoleh nilai 88,4% dengan kategori sangat layak, dan angket respon siswa diperoleh nilai 91,8% dengan kategori sangat menarik.
ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL BUKU MATEMATIKA TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI Romadhon Adji Pangestu
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v2i2.7938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif pada soal Latihan dan uji kompetensi dalam buku Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP Kelas VIII Semester 2 Materi  Bangun Ruang Sisi Datar Terbitan Kemendikbud  Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang meliputi: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal Latihan dan Uji Kompetensi dalam buku Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMP Kelas VIII Semester 2 Materi  Bangun Ruang Sisi Datar Terbitan Kemendikbud .Soal latihan 98 soal dan Uji Kompetensi berjumlah 38 soal. Pada soal latihan Materi bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 5 pertanyaan (5,1%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 75 pertanyaan (76,53%), dan menganalisis (C4) sebanyak 17 pertanyaan (17,35%), dan (C6) sebanyak 1 pertanyaan (1,07%), Soal tersebut didominasi oleh tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Pada soal Uji Kompetensi Materi bangun ruang sisi datar memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 1 pertanyaan (2,63%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 34 pertanyaan (89,47%), dan menganalisis (C4) sebanyak 2 pertanyaan (5,27%), dan Mengevaluasi (C5) sebanyak 1 pertanyaan (2,65%). Soal tersebut didominasi oleh tingkat kognitif mengaplikasikan (C3).
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP SOFT SILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS FKIP UMSU Feri Haryati
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v2i2.8022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan  soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester satu  pendidikan matematika UMSU tahun ajaran 2017/2018, dengan menggunakan dua kelas yang telah ditentukan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open ended, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket soft skill, lembar observasi dan pedoman interview. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analasis data menggunakan uji T-test dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS 17. Hasil yang  diperoleh bahwa  soft skill mahasiswa lebih baik dari kelas konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended berpengaruh terhadap dan soft skill mahasiswa.
ANALISIS KUALITAS DAN TINGKAT KOGNITIF SOAL MATEMATIKA PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) GANJIL KELAS IX DI SMP N 10 KOTA BENGKULU TAHUN 2020/2021 Nida Azizah; Hanifah Hanifah; Hari Sumardi
Journal Mathematics Education Sigma [JMES] Vol 2, No 2 (2021): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA
Publisher : Journal Mathematics Education Sigma [JMES]

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jmes.v2i2.7936

Abstract

untuk mengetahui Tingkatan Kognitif dan kualitas pada sebaran soal matematika penilaian akhir semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan taksonomi Bloom revisi terdapat 6 tingkat proses kognitif, yaitu mencakup tingkat kognitif Mengingat(C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), Mengevaluasi (C5), dan Mencipta (C6). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengambil soal dan data PAS peserta didik kelas VIII Semester Ganjil SMP N 10 Kota Bengkulu tahun 2020/2021. Hasil penelitian ini berdasarkan kualitas menunjukkan bahwa terdapat 6 soal (30%) yang valid dan 14 soal (70%) yang tidak valid. Reliabilitas diperoleh nilai yang sedang, yaitu sebesar 0,49. Tingkat kesukaran diperoleh bahwa soal yang termasuk kategori sukar sebanyak 7 soal (35%) dan untuk kategori sedang sebanyak 13 soal (65%). Daya beda soal yang termasuk dalam kategori baik sebanyak 3 soal (15%), dalam kategori sedang 6 soal (30%) dan dalam kategori kurangg baik sebanyak 11 soal (55%).Kemudian, berdasarkan taksonomi Bloom revisis soal memuat kategori tingkat kognitif Memahami (C2) sebanyak 2 soal (10%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 16 soal (80%), dan Menganalisis (C4) sebanyak 2 soal (10%). Berdasarkan hasil analisis tingkat kognitif dan kualitas soal Penilaian Akhir Semester belum memenuhi kriteria soal yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7